Sejarah Hari Ini: 117 Tahun Juventus

Hari ini, 1 November 2014, tepat 117 tahun lalu sejarah sebuah klub terbesar dan tersukses Italia, Juventus, dimulai.

Berawal dari sebuah keisengan siswa D'Azeglio Lyceum di Corso Umberto, Turin, untuk membentuk sebuah perkumpulan olahraga di tanggal 1 November 1897 sebagai pengisi kegiatan di waktu senggang.

Adalah Eugenio dan Enrico Canfari yang menjadi penggerak kegiatan olahraga perkumpulan tersebut. Mereka memainkan sepak bola di sebuah tanah lapang bernama D'Armi Square. Saat itu, perkumpulan sepak bola mereka belum memiliki nama.

Sempat terjadi perdebatan dalam penamaan perkumpulan sepak bola tersebut. Setelah melalui pembicaraan panjang, akhirnya didapatlah nama Juventus yang berarti muda.

Juve pertama kali berlaga di kompetisi Seria A Italia di awal musim 1900-01. Kostum pertama yang mereka gunakan saat itu berwarna pink.

Kostum khas Hitam-Putih pertama kali digunakan di musim 1903-04. Hal ini berawal dari sebuah kesalahpahaman dalam pemesanan kostum Juventus dari kota Nottingham, Inggris. Kostum yang dipesan oleh seorang penjahit bernama Mr. Savage ternyata malah berwarna belang hitam-putih, bukan pink.

Sejak itu, kostum Hitam-Putih jadi ciri khas Juventus yang kemudian mendapat julukan I Bianconeri. Kostum ini seperti membawa tuah tersendiri, di musim 1904-05 Juventus meraih gelar Scudetto pertama mereka.

Dalam perjalannya, Juventus pernah terdegradasi ke Seri B menyusul sanksi dari FIGC terkait kasus pengaturan skor (Calciopoli) yang melibatkan pembesar Si Nyonya Tua di tahun 2006. Selain itu, Juve juga harus kehilangan dua gelar Scudetto musim 2004-05 serta 2005-06.

Semusim berselang, Juventus akhirnya kembali ke Liga Seri A Italia. Di tangan pelatih muda, Antonio Conte, Juve meraih gelar Scudetto tiga musim berturut-turut (2011-12, 2012-13, 2013-14).

Kini, di tangan pelatih anyar, Massimiliano Allegri, harapan besar bertumpu. Bukan hanya gemilang di kompetisi domestik, Max Allegri dituntut bisa mengembalikan pamor Juve di kancah internasional.

Terakhir kali, Juventus meraih gelar internasional di musim 95-96 saat menjuarai Liga Champions Eropa.

117 tahun merupakan waktu yang amat panjang bagi Juventus untuk menasbihkan dirinya sebagai penguasa Italia.

Buon Compleanno Juventus !!
http://bola.inilah.com/read/detail/2150315/sejarah-hari-ini-117-tahun-juventus#.VFR8dDSsWk9
Wawan
About Me

Menjadi Juventini sejak 1998. Alumni Universitas Bhayangkara Surabaya, SMUM Walisongo Gempol, SMPN 1 Jabon, SDN Magersari Sidoarjo

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...