Juventus Ternyata Bukan Tim Terbanyak Yang Mendapatkan Hadiah Penalti di Liga Italia

Juventus Ternyata Bukan Tim Terbanyak Yang Mendapatkan Hadiah Penalti di Liga Italia. Data statistik menunjukkan klub berjuluk Bianconeri itu masih kalah dengan beberapa klub lain. Apakah ini berarti tuduhan Francesco Totti dan AS Roma hanyalah ucapan omong kosong belaka?

Akhir pekan kemarin, Juventus kembali diterpa kontroversi. Mereka menang 3-2 dari AS Roma dengan bonus dua penalti bagi tuan rumah. Tidak sedikit yang mengklaim penalti Juventus tidak sah. Sampai-sampai Totti berkata seharusnya Juve memiliki liga sendiri jika terus ditolong oleh penalti siluman.

Juventus meradang karena klaim itu. Misalnya, CEO mereka, Giuseppe Marotta yang menyebut ucapan Totti tidak bisa diterima. Sedangkan Pavel Nedved, direktur teknik Bianconeri meragukan kapasitas Totti yang merupakan kapten AS Roma.

Jika melihat data statistik saja, sebenarnya pemegang status raja penalti sejak tahun 2009-2010 bukanlah Juventus. Klub ini hanya mendapatkan 31 penalti. Jangan dilupakan bahwa Juve terkena 22 penalti dalam rentang enam musim terakhir.

Jumlah ini sangat kecil jika dibandingkan dengan Napoli dan AC Milan. Dua klub ini adalah yang terbanyak mendapatkan hadiah penalti, dan yang paling sedikit dihukum tendangan 11 meter. Napoli misalnya, sudah mengoleksi 45 penalti, dan cuma terkena 19 penalti. Sedangkan Milan telah mendapatkan 44 penalti, dan dihukum 21 tendangan 12 pas.

Roma yang menyebut Juventus dibantu wasit, ternyata juga sudah mendapatkan 42 penalti dan terkena 31 hukuman. Dari segi jumlah tendangan penalti yang diterima, memang Roma memperoleh angka yang lebih banyak. Tapi mereka juga lebih besar dalam urusan diberi bonus penalti dari rivalnya dalam dua musim terakhir.

Secara keseluruhan, dibandingkan tujuh klub tertinggi di LIga Italia, cuma Parma dan Inter yang mendapatkan penalti lebih sedikit daripada Juve. Nama-nama lain seperti Napoli, AC Milan, AS Roma, Fiorentina, Lazio, lebih diuntungkan.

Nah, apakah statistik ini valid? Belum tentu demikian. Statistik ini hanya menunjukkan kuantitas, bukan kualitas. Tidak dijelaskan kapan dari jumlah penalti itu diberikan kepada tim-tim yang ada di atas Juventus, dan saat berhadapan dengan klub mana.

Berikut ini daftar peraih tendangan penalti terbanyak di Liga Italia dalam enam musim terakhir.
Klub
Napoli
Ac Milan
Roma
Fiorentina
Cagliari
Lazio
Udinese
Genoa
Juventus
Inter
Parma
Chievo
Bonus Penalti
45
44
42
37
35
35
33
32
31
30
27
22
Hukuman Penalti
19
21
31
30
30
31
43
35
22
39
36
30
http://www.iberita.com/49199/juventus-ternyata-bukan-tim-terbanyak-yang-mendapatkan-hadiah-penalti-di-liga-italia
Wawan
About Me

Menjadi Juventini sejak 1998. Alumni Universitas Bhayangkara Surabaya, SMUM Walisongo Gempol, SMPN 1 Jabon, SDN Magersari Sidoarjo

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...